Rabu, 25 Februari 2009

OBROLAN


Ayo, Membaca Kawan!

Oleh Dodi Prananda

Mungkin banyak dijaman sekarang ini kita melihat orang-orang yang mau membuka bukunya ketika orang tersebut sedang di perjalanan atau di tempat umum misalnya. Ya, itu pertanda bahwa minat orang untuk membaca buku makin berkurang, atau barangkali budaya membaca itu tidak lagi dilestarikan. Hal tersebut memang ironi sekali kalau kita sebagai yang berintelektual tinggi namun tidak memiliki minat untuk membaca. Padahal banyak yang mengatakan kalau dengan membaca kita bisa melalang buana, memberikan wawasan baru serta masih banyak lagi manfaat yang dapat kta peroleh dari membaca

1. Bepergian dengan membawa buku
Ke manapun Anda pergi, biasakanlah menyisipkan sebuah buku dalam tas. Secara tidak langsung, hal ini akan membiasakan Anda membaca, misalnya untuk mengusir kebosanan bila harus menunggu bus atau klien yang tidak kunjung datang, dan lain-lain. Lambat laun, hal ini akan menciptakan kebiasaan membaca.

2. Membuat daftar buku yang ingin dibaca
Buatlah daftar buku yang menarik untuk dibaca, serta daftar buku yang sudah dibaca. Ketertarikan terhadap buku tersebut dapat terus menjaga antusiasme dan mendorong Anda membaca, terlebih jika buku tersebut erat kaitannya dengan profesi yang digeluti.


3. Tentukan lamanya waktu yang akan digunakan untuk membaca satu buku
Bisa satu bulan, satu minggu, atau hanya 30 menit dalam satu hari, yang bisa disesuaikan dengan kesibukan sehari-hari.

4. Membuat strategi membaca
Sebagian orang memilih untuk fokus pada satu buku sebelum selesai dibaca. Hal ini untuk meminimalkan godaan membaca buku yang baru dan pada akirnya tidak satu pun yang dibaca tuntas. Namun, ada juga yang memilih membaca beberapa buku sekaligus agar tidak merasa bosan. Apapun yang dipilih sebaiknya tetap mampu membuat Anda merasa senang dengan kegiatan tersebut dan menyelesaikan sebuah buku dengan baik.

5. Mulai dari hal yang kecil
Tak perlu langsung ke buku-buku berhalaman tebal dan membutuhkan banyak waktu untuk mencerna, melainkan dari buku bertopik ringan yang menggugah ketertarikan. Seperti halnya membaca komik pada anak-anak secara tidak langsung akan menuntun mereka senang membaca di kemudian hari, asalkan kegiatan ini terus ditingkatkan.
Sekarang kita harus melestarikan kembali budaya membaca, karena yang penting satu hal, membaca itu memberikan seribu satu manfaat.Penulis adalah siswa SMA 1 Padang. Aktif menulis berbagai artikel seperti cerpen, puisi, dan artikel lainnya. Bergiat di Yayasan Citra Budaya Indonesia, Sumbar/Sanggar pelangi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar