Rabu, 25 Februari 2009

SOROT DUNIA


Minum Teh Bisa Memperpanjang Umur Lho!

Meski riset yang dilakukan oleh sebagian pusat penelitian dan kajian ilmiah (Nasional dan Internasional) telah banyak yang mengatakan bahwa dengan minum teh bisa menurunkan kolesterol, melindungi tubuh dari penyakit jantung, dan stroke, demam, flu, nyeri kepala hingga gangguan lambung serta menetralkan bahan-bahan penyebab kanker, masih banyak lagi manfaat yang sangat berguna jua bermanfaat di samping hal yang telah disimpulkan dalam penelitian tersebut.

Kesimpulan awal dari penelitian yang sudah banyak membenarkan mengenai mujarab teh itu mengatakan bahwa teh merupakan minuman pengulur usia, pernyataan tersebut ditambahkan oleh pusat kajian studi di Norwegia menunjukkan bahwa orang yang rajin minum teh secangkir sehari akan dapat membawa pengaruh yang luar biasa terhadap kelangsungan jasmaninya,serta akan dapat menekan angka kematian.sebuah wilayah yang penduduknya banyak mengkonsumsi teh.

Penelitian lain yang dilakukan oleh Pusat penelitian Belanda juga mengutarakan sekaligus menyimpulkan hal yang tidak jauh berbeda dengan apa yang disimpulkan oleh pusat kajian Norwegia, bahwa manula yang mendapat risiko kematian akibta penyakit jantung menurun seiring dengan kebiasaan meminum teh.

Salah satu teh yang memilik manfaat luar biasa yaitu teh hitam yang dapat menghambat pertumbuhan kanker, sebagai reaksi dari polifenol, flavonoid dan katekin.


Polivenol merupakan antioksidan yang kekuatanya 100 kali lebih manjur dibandingkan vitamin C dan 25 kali lebih tinggi dibandingkan dengan vitamin E, selain manfaat yang telah disebutkan di atas polifenol juga berkhasiat untuk radikal bebas yang merusak DNA dan menghentikan perkembangan sel-sel liar atau kanker.
Sedangkan Flavonial bermanfaat untuk membentuk sifat antibiotik, antiradang dan antioksidan. selain itu juga berkhasiat untuk mencegah penyumbatan pembuluh darah sehingga hal tersebut berkesinambungan pula terhadap pembuluh darah pada penyakit jantung koroner dan stroke. Lain halnya dengan Polifenol dan Flavonoid, Katekin juga mempunyai khasiat yang juga luar biasa seperti membantu perlindungan jantung.

Nah, sudah saatnya bukan kita sekarang membiasakan diri untuk meminum teh mengingat teh sarat akan manfaat. Di luar negeri sana teh adalah minuman untuk tamu terhormat hingga pejabat lho teman, lantas di negeri kita? kenapa harus berpikir dua kali untuk memulai untuk mengkonsumsi teh? (Dodi Prananda, SMAN 1 Padang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar