Jumat, 27 Februari 2009

OBROLAN




Homeschooling Di Kalangan Selebritis
Selebritis Bicara Tentang Homeschooling
Barangkali untuk mendapatkan pendidikan, kita tidak hanya bisa meraihnya lewat pendidikan formal di sekolah. Ada salah satu alternatifnya, yakni pendidikan homeschooling. Untuk sebagian orang terlebih pada selebritis yang mempunyai kesibukan dan seabrek aktifitas, menganggap lewat pendidikan alternatif ini ia banyak mendapatkan manfaat. Apalagi untuk selebritis remaja yang tidak mau mengabaikan pendidikannya dengan seribu satu kesibukannya.
Banyak selebritis remaja kita yang tetap menimba ilmu di samping menjalai peran mereka sebagai entertainer. Mereka menjalani kedua aktifitas sekaligus, sebagai bekal masa depan mereka tidak pernah mengabaikan pendidikan. Meskipun mereka tidak ada waktu untuk mengenyam pendidikan di bangku pendidikan formal, tapi mereka telah mendapatkan pendidikan alternatif yang bernama homeschooling untuk memudahkan mereka dalam membagi waktu.
Berikut adalah sederatan nama selebritis yang memilih homeschooling sebagai pendidikan alternatifnya. Siapa sajakah mereka?

Nia Ramadhani

Ketertarikan gadis yang dilahirkan dengan nama lengkap Prianti Nur Ramadhani, kelahiran 16 April 1990 ini dengan pendidikan homeschooling adalah ketika ia harus memilih untuk diam di rumah. Apalagi kalau ia disuruh untuk memilih diam dirumah atau nongkrong dengan teman di mall, maka Nia, begitu sapaan akrab pasangan Priya Ramadhani dan Chanty Mercia akan memilih untuk diam di rumah.
Nia menguatarakan sekaligus menjelaskan bahwa oleh hal itu ia menjadi bertekad bulat untuk memiih pendidikan alternatif semacam homeschooling. Bahkan tidak hanya sekedar pendidikan homeschooling, tapi juga di barengi dengan basis internet. Baginya setelah ia memilih pendidikan seperti itu ia tidak lagi menemukan kesulitan untuk memenage kesulitan pembagian waktu antara kesibukan syutingnya dengan menimba ilmu.
"Paling lama aku pergi ke mal hanya dua jam. Setelah itu aku ingin buru-buru pulang, ingin membuka internet untuk mengerjakan tugas belajar. Lagian kalau aku pergi sampai dua jam, handphone-ku pasti bunyi terus. Biasa, Mama selalu khawatir," kata bintang Sinetron Alisha dan bintang iklan fruitamin ini.
Lain lagi alasan kedua Nia sebelum ia membulatkan pilihannya akan homeschooling. Yaitu disaat teman-teman Nia dan kenalannya yang tidak tahu harus kemana setelah lulus SMA. Banyak ilmu yang diajarkan dari 13 mata pelajaran di pendidikan formal oleh teman-teman dan kenalannya itu, tapi buktinya ilmu itu hanya ngambang. Nia sudah mengambil pilihan yang benar menurutnya agar bintang film Kesurupan dan Hantu Jembatan Ancol serta Suster Ngesot ini tidak mengalami nasib yang sama dengan teman-temannya itu.


Eva Celia Latjuba

Bagi cewek bintang iklan kartus AS ini pendidikan homeschooling memberikan banyak kemudahan antara karier atau bisnis hiburannya dengan pendidikan. Apalagi ia mengambil kesimpulan bahwa cara menuntut ilmu dengan belajar di rumah, bukan di sekolah, itu juga tak jauh berbeda dengan sebagian besar dari sistem pendidikan di AS.
Homeschooling yang dijalani oleh Eva Celia (15) memudahkan ia dalam berkarier di bisnis hiburan. Menurutnya, cara menuntut ilmu dengan belajar di rumah, bukan di sekolah, itu juga tak jauh berbeda dengan sebagian besar dari sistem pendidikan di AS. Memang Eva mau hijrah ke negara itu? putri artis Sophia Latjuba (Sophie) dan pemusik Indra Lesmana ini, ia merasa nyaman dengan homeschooling, walaupun masih suka kangen kepada pertemanannya dulu di sekolah biasa sebelum mengikuti homeschooling.
Katanya, dalam sistem pendidikan tersebut tak ada ujian, sehingga ia bisa dengan leluasa menjalani kegiatan-kegiatan keartisannya, sebut saja syuting sinetron. Katanya lagi, homeschooling juga tak jauh berbeda dengan sebagian besar dari sistem pendidikan di AS. Eva Memang memiliki keinginan untuk menimba ilmu dan tinggal di AS, negara asal Michael Villareal, suami Sophie sesudah bercerai dari Indra. "Siapa sih yang enggak mau tinggal di sana? Negara itu memang tujuanku," ucap cewek kelahiran Jakarta, 21 September 1992, ini.


Randy Pangalila

Bagi seorang Randy (sama seperti seleb yang lain), pendidikan homeschooling kaya manfaat dan memberikan banyak kemudahan. Ia merasa cocok dengan homeschooling, apalagi kalau mengingat jadwal syutingnya yang selalu penuh. Pemeran sosok Tristan dalam sinetron Cinta Fitri itu juga sempat mengutarakan beberapa manfaat lain setelah melalau pendidikan lewat jalur pendidikan homeschooling diantaranya fleksibel, praktis, dan tidak banyak aturan.
“Aku tidak salah pilih mengambil homeschooling untuk pendidikanku, habis kalau homeschooling itu tidak ribet, tidak banyak aturan dan tidak banyak tetek bengek,” ujar bintang Film Oh Baby ini.
Randy pun kurang setuju kalau ia dikatakan tipe cowok yang egois dan anti sosial karena telah memilih pendidikan homeschooling.

Ihsan “Idol”

Yang membuat Ihsan, cowok kelahiran Medan, 20 Agustus 1989 memilih untuk mengambil homescholing adalah tuntutan akan dirinya sewaktu ia menjalani ajang Indonesian Idol di tahun 2006 lalu, disamping harus bersekolah. Makanya untuk mendapatatkan kemudahan, Ihsan mengambil jalur pendidikan homescholing tersebut.

"Aku belajar lewat internet," aku cowok yang mempunyai nama lengkap Muhamad Ihsan Tarore. Makanya, ia harus rajin buka internet. Ngecek e-mail wajib buatnya. Karena lewat e-mail ia mendapat tugas-tugas sekolah.

Jadi Ihsan bisa mengatur jadwal belajarnya sendiri. Ia bisa belajar kapan saja dan dimana saja. "Tapi tetap ada pertemuan. Seharusnya sih seminggu sekali. Tapi karena kesibukanku, aku sering nggak bisa datang," aku Ihsan sambil tersenyum. Wah, ternyata, walau masuknya cuma seminggu sekali, Ihsan masih suka bolos ya.

Dominique
Latar belakang Dominique mengambil homescholing adalah keinginannya untuk mengejar paket C dan lulus. Setelah berhasil mewujudkan keinginannya itu untuk home schooling akhirnya membuat Dominique tertarik untuk aktif serta bergabung Yayasan Cinta Anak Bangsa, Dominique mengaku bahwa ini semua didasari oleh pengalaman pribadi atau keinginanya dahulu aktris ini.

Selain sederet nama diatas masih banyak lagi artis atau seleb Indonesia yang mengambil pilihan homescholing, diantaranya Rini Wulandari atau Rini “Idol” serta anak-anak dari Kak Seto Mulyadi juga memilih jalur pendidikan homescholing ini. (Dodi Prananda, SMAN 1 Padang, berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar