Minggu, 22 Maret 2009

UNLUCKY

ABSTRAK

Dilatarbelakangi dan bertolak dari keadaan lingkungan yang semakin terkurung dalam pencemaran lingkungan, membuat penulis tertarik menguraikannya dalam karya ilmiah ini. Bisa kita lihat sendiri bagaimana keadaan konkret daerah perkotaan, dimana beribu-ribu kendaran seolah-olah telah memuntahkan asapnya yang seenak perutnya saja mengotori udara. Belum lagi sampah-sampah yang liar, bertebaran disana-sini dan tanahpun tak mampu mengurainya. Disana-sini sungai terkotori dan tercemari oleh kotoran manusia dan limbah industri yang dibuang sembarangan.
Gonjang-ganjing ke telinga kita mengenai ozon yang semakin menipis, pemanasan global adalah hal yang selalu di kambinghitamkan. Maka dari persoalan itu, berangkat dari tema ”Stop Polutions, Go Green enviroment” saya akan berusaha menjabarkan persoalan ini ke dalam karya ilmiah.
Adapun garis besar dari karya ilmiah yang saya buat, diantaranya apa sebenarnya pencemaran lingkungan itu, dalam kajian ini ada beberapa poin dan substansi yang dititikberatkan yakni defenisi polusi itu sendiri, serta asal muasal terjadinya kontaminasi polusi yang bercampur baur dengan udara bersih lalu apa yang menyebabkan polusi, kegiatan manusia yang berpotensi untuk menambah pencemaran., distorsi polusi terhadap lingkungan. Nantinya di akhir bab pembahasan penulis akan menjabarkan bagaimana pula upaya prefentif dari pencemaran lingkungan. Ada pula upaya antisipasi dan mengatasinya. Dalam usaha prefentif ini tidak hanya khlayak ramai yang dijadikan subjek agar intensitas polusi berkurang, tapi bagaimana pula usaha pelajar. Suara pelajar itu sendiri yang menjadi ruh dalam karya ilmiah ini. Terlebih pelajar yang duduk di bangku kelas Internasional yang mengaharuskan mereka berkontribusi akan masalah ini.
Adapun metode peneletian yaitu kajian lapangan dimana penulis turun ke lapangan untuk melihat situasi konkret tentang polusi yang ada di sekitar lingkungan penulis. Lalu adapula wawancara (interview) dengan beberapa orang pelajar kelas Internasional, serta beberapa sampel yang dipih secara acak dari beberapa sekolah. Sedangkan untuk metode penulisan akan penulis lakukan dengan memakai studi pustaka yang berperan sebagai rujukan atau referensi penulis poin-poin penting lalu pembahasan selanjutnya akan penulis tuliskan dengan melihat situasi kondisi nyata.
Tujuan umum penulisan karya ilmiah ini adalah untuk mengkuti lomba karya ilmiah yang diadakaan oleh Unit kesenian Minangkabau, Institut teknologi Bandung. Untuk tujuan khusus yakni untuk mengetahui kondisi riil terhadap polusi yang telah mencemari lingkungan dan harapan penulis setelah menuliskan karya ilmiah ini agar tingkat potensi polusi semakin berkurang dan penulis berharap banyak agar lewar karya ilmiah ini akan menumbuhkan kesadaran pada setiap orang untuk lebih peduli terhadap polusi yang membayakan keselamatan manusia. Ya, semoga!.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar