Jumat, 27 Februari 2009

KILAS IPTEK


Berhasilkah Partikel Higgs boson (Tuhan) akan ditemukan?

Baru-baru ini di Chicago, dua laboratorium yang tersohor dan terbesar tengah berlomba mencari bukti otentik dan konkret mengenai adanya partikel hipotesa. Partikel itu tidak lain tidak bukan adalah Higg boson atau yang juga dikenal dengan nama Partikel Tuhan. Kenapa partikel itu dinamakan partikel Tuhan? jawabannya adalah karena partikel tersebut bisa menghasilkan massa yang bisa membentuk jaga raya. Wah, wah, wah!

Fermi National Accelerator Laboratory Tevatron dan laboratorium Large Hadron Collider di Swiss berlomba menemukan partikel itu. Ilmuwan percaya, penemu Higgs boson akan mendapat Nobel di bidang fisika.Joe Lykken seorang imuwan senior di Fermilab Chicago menjelaskan bahwa persoalan pencarian bukti partikel ini adalah mistreri fisika energi tinggi selama 30 tahun terakhir ini. Dan beberapa bulan yang lewat partikel tuhan itu akan ditemukan olh ilmuwan di pusat studi dan kajian riset Eropa (CERN) yang menjalanlan Large Hadron Colider meskipun hal itu hanya sebatas prediksi.

LHC merupakan pelempar atom terbesar dan lebih kuat dibandingkan Tevatron. Hal itu bisa dilihat, sebelum harus dimatikan pada September lalu saat tembakan proton dilepaskan mendekati kecepatan cahaya. Tapi sepekan kemudian, LHC dimatikan karena mengalami kerusakan besar yang disebabkan kabel terbakar dan listrik bocor. Pada bulan ini diumumkan perbaikan serta tambahan pengamanan sudah selesai dan LHC akan dihidupkan kembali pada September mendatang.

Sedangkan Ilmuwan Dmitri Denisov menambahkan kemungkinan Fermilab akan menemukan partikel Tuhan tersebut diprediksinya antara 50 % smapai 90 %, kalau diperkirakan akan ditemukan di tahun 2010 atau 2011. Semoga! (Dodi Prananda, SMAN 1 Padang, berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar