Jumat, 27 Februari 2009

LIPUTAN SCHOOL


Kantin Kejujuran SMAN 1 Padang Jadi Kantin Percontohan


Salah satu usaha usaha pemerintah untuk menanamkan kejujuran di kalangan pelalar ternyata tidak sia-sia. Lewat kantin kejujuran telah menimbulkan energi positif untuk semua pelajar yang berbelanja di Kantin kejujuran. Seperti yang disampaikan Zil Aidi, pengurus koperasi SMAN 1 Padang kepada reporter di sela-sela kesibukannya mengurus kantin kejujuran tersebut (19/02).
“Kita patut berbangga hati karena kantin kejujuran kita menjadi kantin percontohan, sebagai kantin pelopor sudah semestinya kita menjadikan kantin kejujuran kita ini sebagai motivator bago sekolah lain agar dapat pula membuat kantin kejujuran di sekolahnya,” ujar Zil sambil menata makanan yang dijual disana.
Untuk kantin kejujuran SMAN 1 Padang yang diresmikan pada 9 Desember lalu ini menjual berbagai macam makanan ringan dan makanan siap saji yang harganya terjangkau di kantong pelajar. Makanan tersebut dikelola jumlahnya oleh petugas koperasia atas dasar kesepakatan dengan pemasok. Sedangkan pengurus koperasi sendiri seperi Zil Aidi berperan sebagai pengontrol saja bukan untuk membalik-balikan uang.
Seluruh kepengurusan koperasi SMANSA percaya lewat kantin kejujuran ini akan menjadikan awal dari pembentukan generasi penerus yang jujur.
“Kami atas nama pengurus koperasi tentu selalu menginginkan yang terbaik., semoga di dalam perlombaan kantin kejujuran yang akan dilangsungkan serta bertepatan dengan HARDIKNAS yang katanya bertempat di RTH Imam Bonjol, Kantin kejujuran SMAN 1 Padang akan keluar sebagai pemenangnya,” ujar Zil Aidi.
Beberapa orang siswi yang sempat di wawancarai reporter juga mengungkapkan hal yang sama, sebagaimana yang diharapkan oleh Zil.
“Lewat kantin kejujuran ini hendaknya menimbulkan sebuah keotomatisan seseorang yang berbelanja disana untuk dapat bersikap jujur dimanapun ia berada,” tegas Dini. Lain lagi yang ungkapkan oleh Dede “Semoga kantin kejujuran ini akan membuahkan generasi yang jujur dan menjadi pemimpin yang tidak korupsi nantinya,” ujar Dede kepada Reporter.
UNI SMANSA pun ikut angkat bicara dan menyampaikan unek-uneknya tentang kantin kejujuran. “Kantin kejujuran kita ini adalah wadah bagi kita untuk bersikap bijak dan mengajarkan kita agar dapat berlaku jujur sebagai anak yang intektual sudah seharusnya kita bersikap seperti itu,” pungkas Indri Fajria M., sang UNI SMANSA.
Laporan oleh (Dodi Prananda dan Haibati Arizona, SMAN 1 Padang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar